BILANGAN CACAH DAN LAMBANGNYA
BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10
Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan bilangan 5
Membilang atau menghitung secara urut 1-5
Menyebutkan banyak benda 1-5
Membandingkan dua kumpulan benda 1-5
Membaca dan menulis lambang bilangan 1-5
1) Membaca lambang bilangan
Lambang bilangan 1 2 3 4 5
Cara membaca Satu Dua Tiga Empat Lima
2) Menulis lambang bilangan
1 pensil diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
2 pensil diwarnai
Tulis lambing bilangan 3 dibukumu
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
Membilang loncat sampai dengan bilangan 5
Contoh :
Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
Satu dua tiga empat lima
1 2 3 4 5
Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 5
Menyatakan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Satu bolpoin ditambah satu bolpoin sama dengan dua bolpoin
1 + 1 = 2
Lima balon dikurangi empat balon sama dengan satu balon
5 – 4 = 1
Menerjemahkan bentuk sistem operasi penjumlahan dan pengurangan
Membaca dan menggunakan symbol “+, -, dan =”
Penjumlahan
a) Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain
Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
1 + 2 = 3
b) Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan (komutatif)
Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c) Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar adalah bilangan 5
d) Menyelesaikan soal cerita sederhana
Contoh :
Ani mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil umi sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil umi sekarang 5
pengurangan
a) Mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain (1 sampai dengan 5)
lima apel dikurangi tiga apel sama dengan 2 apel
5 – 3 = 2
b) Mengenal bilangan nol melalui pengurangan
satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
c) Menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
Toni memiliki 3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
3 – 1 = 2
Balon Toni yang tidak meletus adalah 2 balon
Penjumlahan dan Pengurangan
a) Menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
b) Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh :
yudi mempunyai lima balon
balon itu diberikan kepada doni 2
berapa balon yudi sekarang?
5 – 2 = 3
Balon yudi sekarang 3
c) Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2
Menghitung dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
Membilang atau menghitung secara urut
Contoh : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
Menyebutkan banyak benda yang berjumlah sampai 10
Membandingkan dua kumpulan benda
Membaca dan menulis lambang bilangan 1-10
1) Membaca lambang bilangan
Bacalah dari kanan ke kiri
Lambang bilangan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Cara membaca Satu Dua Tiga Empat Lima Enam Tujuh Delapan Sembilan Sepuluh
2) Menulis lambang bilangan 1 – 10
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
Membilang loncat sampai dengan 10
Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar 10-1
Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 10
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Lima wortel di tambah satu wortel sama dengan enam wortel
5 + 1 = 6
Enam mangga dikurangi dua mangga sama dengan empat mangga
6 – 2 = 4
Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk kalimat sehari-hari
Membaca dan menggunakan symbol +, – dan =
penjumlahan
a) menjumlah dua bilangan yang sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 + 2 = 3 buku
b) menjumlah dua bilangan yang tidak sama
delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 + 2 = 10 pisang
c) menjumlah dua bilangan satu angka
contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
d) menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
e) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ayam betina rina 3
ayam jantan rina 1
berapa jumlah ayam rini?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam rina 4
pengurangan
a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain
contoh :
enam melon dikurangi dua melon sama dengan empat melon
6 – 2 = 4
b) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun
c) menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
10 dan 5
d) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
Siti mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa telur Siti sekarang ?
Jawab :
8 – 3 = 5
Telur Siti sekarang adalah 5 telur
0 comments:
Post a Comment